ANTUSIASME MASYARAKAT PADA KAMPUNG HUKUM MAHKAMAH AGUNG

ANTUSIASME MASYARAKAT PADA KAMPUNG HUKUM MAHKAMAH AGUNG

JAKARTA - HUMAS. Ada pemandangan menarik di halaman parkir Mahkamah Agung sepanjang hari ini, Kamis, 9 Februari 2017.  Ratusan pelajar, mahasiswa, masyarakat umum berbaur menjadi satu dalam satu arena pameran bertajuk "Kampung Hukum Mahkamah Agung".  Acara yang ditaja oleh Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung RI ini diikuti oleh 12 peserta antara lain Komisi Yudisial, Kepolisian RI, Kejaksaan Agung, MPR, Mahkamah Konstitusi, Kemenkumham, KPK, PPATK, LPSK, BNN, Ombudsman, dan Mahkamah Agung selaku tuan rumah.

Dalam sambutannya,  Kepala Biro Hukum dan Humas, Ridwan Mansyur menyampaikan bahwa ini adalah salah satu momentum sosialisasi lembaga negara dan lembaga penegak hukum kepada publiknya. 

"Karena memang tema besar yang diusung dalam pameran ini adalah Meningkatkan Kepercayaan Publik Melalui Pelayanan Prima di Era Digital. Hal ini merupakan respon terhadap perubahan zaman dan tuntutan reformasi dalam rangka menjalankan kebijakan strategis pimpinan Mahkamah Agung", kata Ridwan.

Pameran Kampung Hukum sebagai bagian dari rangkaian prosesi Sidang Pleno Laporan Tahunan Mahkamah Agung RI tahun 2016 ini dibuka langsung dengan pemukulan gong oleh Ketua Mahkamah Agung RI, Hatta Ali yang dilanjutkan dengan meninjau stan-stan pameran. 

"Mahkamah Agung terus berusaha mendekat dan memberi pelayanan kepada masyarakat oleh karenanya dalam pameran kali ini juga digelar 2 talkshow yaitu “Penyelesaian Perkara Pelanggaran Lalu-lintas dengan produk baru e Tilang” dan “Pertanggungjawaban pidana oleh korporasi menurut Perma Nomor 13 tahun 2016" Ujar Hatta Ali.

Para Pelajar, Mahasiswa dan Masyarakat umum pun bersemangat saat diperkenankan untuk bertanya berbagai hal tentang permasalahan hukum pada acara talkshow tersebut disamping dapat mengunjungi arena-arena pameran  untuk mengetahui produk-produk unggulan dari setiap lembaga. Seperti Dika misalnya, siswa kelas X SMA 4 Gambir yang datang rombongan bersama teman-temannya, mengungkapkan kegembirannya dengan diadakannya acara ini. "Saya dan teman-teman seneng ada acara diskusi beginian, jadi nambah ilmu pengetahuan tentang berlalu lintas yang bener, apalagi ada acara pembagian doorprize dan penyanyi AGVSHAFI jebolan X-FACTOR".

Begitupula dengan Amira, pegawai swasta yang bekerja di sekitaran Jalan Veteran menyambut antusias acara pameran kampung hukum ini. "Pas kebetulan jam istirahat, saya ke sini, karena kata temen-temen ada stand kepolisian yang bisa memperpanjang SIM A saya, tapi sayang ya kenapa cuma sehari aja penyelenggaraan kampung hukum ini?" Tanya Amira.

Saat berita ini diturunkan, di arena kampung hukum Mahkamah Agung sedang berlangsung diskusi tindak pidana oleh korporasi yang dengan narasumber Deputi Pencegahan KPK dan Hakim Agung Surya Jaya.

 

 

Sumber :https://mahkamahagung.go.id