• (0527) 61079 & (0527) 61027
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
  • Senin s/d Jumat 08.00A.M - 16.30 P.M

RAPAT PLENO PENYUSUNAN FORMAT (TEMPLATE) DAN PEDOMAN PENULISAN PUTUSAN/ PENETAPAN PENGADILAN LINGKUNGAN PERADILAN MILITER

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

RAPAT PLENO PENYUSUNAN FORMAT (TEMPLATE) DAN PEDOMAN PENULISAN PUTUSAN/ PENETAPAN PENGADILAN LINGKUNGAN PERADILAN MILITER

Kamar Militer Mahkamah Agung berkerjasama dengan Biro Hukum dan Humas BUA Mahkamah Agung, sukses menyelesaikan Penyusunan Format (template) dan Pedoman Penulisan Putusan/Penetapan Pengadilan Lingkungan Peradilan Militer, acara yang bertempat di hotel Mercure Convention Center Ancol, diselenggarakan dari tanggal 04 September 2019 hingga 06 September 2019. Acara dibuka langsung oleh Yang Mulia, Ketua Kamar Militer, Dr. Burhan Dahlan, SH., MH. Acara diawali dengan laporan ketua tim penyusunan format (template), Yang Mulia Hidayat Manao SH., MH. (Hakim Agung pada Kamar Militer). Dalam laporannya, ketua tim menyampaikan bahwa Tim penyusunan format (template) dan pedoman penulisan putusan/ penetapan pengadilan di lingkungan militer, telah bekerja membuat template sejak rapat pertama, yaitu pada tanggal 21 Mei 2019, dan dilanjutkan dengan beberapa rapat- rapat berikutnya. Dari rapat- rapat tersebut kemudian menghasilkan beberapa template, seperti Template Pemidanaan, Template Putusan penetapan, Template Putusan Perlawanan, Template Putusan Gugur, Template Putusan Berita Acara, dan Template Perbedaan Pendapat. “Dalam kegiatan penyusunan template ada beberapa perubahan anggota tim dikarenakan adanya mutasi, namun alhamdulillah dalam pelaksanaan penyusunan pedoman selama ini terlaksana dengan aman dan lancar” sambungnya.

Kegiatan Penyusunan Format (template) dan Pedoman Penulisan Putusan/Penetapan Pengadilan Lingkungan Peradilan Militer ini turut dihadiri Hakim Agung Kamar Militer, Dr. Drs. H. Dudu Duswara Machmudin, SH., MHum, Kepala Pengadilan Militer Utama (Kadilmiltama) Jakarta, Mayjen TNI Agus Dhani Mandaladikari, SH., MHum, Panitera Muda Militer Mahkamah Agung, Brigjen TNI, Dr. Slamet Sarwo Edy, SH., MHum, dan beberapa Hakim pada DILMILTAMA Jakarta, Hakim pada DILMILTI- Jakarta, Hakim pada DILMIL-Jakarta, Asisten/PP Hakim Agung pada kamar militer, Kabag PUU, Hakim Yustisial, Kasubbag PUU, staff PUU pada Biro Hukum dan Humas BUA MARI, Panitera, Panitera Muda, PP, dan staff pada lingkungan Pengadilan Militer /Utama/Tinggi di wilayah Jakarta, serta perwakilan dari MaPPI FH UI dan AIPJ.

Dalam sambutannya, pada pembukaan acara, Yang Mulia Ketua Kamar Militer, mengutarakan bahwa putusan yang ada saat ini pada lingkungan peradilan militer masih belum seragam dan masih ada beberapa yang dianggap tidak sesuai, hal tersebut dikarenakan belum adanya buku pegangan atau pedoman/template yang baku dalam pembuatan putusan. “Pedoman/template putusan yang sedang kerjakan ini akan digunakan hakim dalam membuat putusan, sehingga pada saat pembuatan putusan hanya mengikuti template pedoman yang telah ada. Pedoman ini nantinya akan dibuat buku dan akan di bagikan ke setiap pengadilan di lingkungan peradilan militer sebagai pedoman. Demikian kiranya, dengan ini acara secara resmi dinyatakan dibuka” ujarnya, sambil mengetok palu, sebagai simbolis membuka acara. Selanjutnya acara diisi dengan pembahasan dan diskusi selama 3 (tiga) hari, dimana terlihat suasana yang hangat dan terkadang terjadi perdebatan, serta diskusi berjalan alot, namun hal tersebut terjadi untuk memperoleh template yang lebih bagus. 

Pada akhir acara, semua template bisa diselesaikan tepat pada waktunya, dan para peserta terlihat masih bersemangat, walapun selama dua malam bekerja hingga larut. Dan yang terpenting, Yang Mulia Ketua Kamar Militer tampak puas dengan hasil yang dicapai. Penutupan acara pada hari Jumat, 06 September 2019, Yang Mulia Hidayat Manao SH., MH. (Hakim Agung pada Kamar Militer) selaku ketua tim penyusunan format (template), menyerahkan hasil rapat pembahasan selama 3 (tiga) hari ini kepada Yang Mulia, Ketua Kamar Militer, dan selanjutnya acara ditutup langsung oleh Yang Mulia, Ketua Kamar Militer, Dr. Burhan Dahlan, SH., MH., dan diakhiri dengan foto Bersama.